Monday, May 18, 2009

Ditaklukkan, Warga Ohio Berjingkrak (Ohio is Vanquished, People to Dance)

Thu, Nov, 6, 2008

Laporan Rakyat Merdeka Dari Athens, Ohio, AS (11)
Rakyat Merdeka Report from Athens, Ohio, US (11)

Muhammad Rusmadi

Ditaklukkan, Warga Ohio Berjingkrak
(Ohio is Vanquished, People to Dance)

Wajah Stan Griffith terus tersenyum gembira. Dia sibuk menelpon, memberitahukan rekan-rekannya, Ohio sudah ditaklukkan. Saat itu baru jam 21.30. Tapi layar penghitungan suara sudah menunjukkan, Demokrat sudah mengantongi 200 suara. Tapi kubu Republik baru mencapai 85 suara. “Kita taklukkan Ohio, Ohio!,” ungkapnya sambil terus mengumbar senyum.
Stan adalah peninjau Partai Demokrat dari Lexington, negara bagian Massachusetts. Malam itu (Selasa, 4/11) dia sengaja datang ke Athens, Ohio, berkumpul bersama di Markas Pemenangan Obama di State Court Street itu. Memang, Athens dianggap sudah tidak masalah buat para pendukung Obama. Tapi yang bikin para pendukung “partai biru” ini deg-degan, karena wilayah Athens sebenarnya dikepung oleh para pendukung Partai Republik. Tapi dengan ditaklukkannya negara bagian Ohio secara keseluruhan, mereka yakin kursi presiden Amrik bakal mudah direbut.
Tak heran, begitu angka suara untuk Demokrat melejit, emosi kegembiraan para pendukung Obama ini pun meledak. Mereka tak henti-hentinya tertawa, berjingkrak, berpelukan dan saling menghubungi rekan-rekan mereka lainnya. Via telepon, via email, atau blog.
Sebuah layar TV lebar via proyektor di tayangkan di sudut utama markas Obama ini. Di samping kanan layar tersebut terdapat tulisan besar 'Tadinya Kita Disini'. Di bawah tulisan itu ditempel foto dokumentasi berbagai kegiatan para pendukung Obama ini. Dan di sebelah kanannya ditempel juga tulisan besar 'Kita Akan Kesini'. Di bawahnya terdapat gambar gedung putih berukuran besar. “Kita akan kesini (Gedung Putih, kantor presiden Amrik -red),” ungkap mereka sambio menunjuk gambar gedung putih. Tempelan ini sudah mereka jauh-jauh hari. “Sekarang, kita sudah punya Presiden Obama,” ungkap Stan lagi, yang disambut tawa para aktivis Demokrat lainnya.
Para aktivis Demokrat ini nyaris semuanya anak muda. Umumnya juga mahasiswa. Mereka inilah yang sering saya lihat tiap hari sibuk berkampanye di pojok-pojok kampus mengingatkan rekan-rekan mereka untuk tidak lupa mencoblos. Tentu, dengan menggunakan lambang Demokrat dan foto-foto Obama.
Para pendukung Partai Demokrat ini juga berkumpul di sebuah restoran kecil, sekitar 50-an meter dari markas mereka. Sambil menikmati makanan, disini mereka juga menyaksikan penghitungan suara lewat televisi.
Acara memantau penghitungan suara melalui layar lebar ini juga digelar di pusat kegiatan mahasiswa Ohio University di gedung Baker Center, sekitar 100-an meter dari markas Obama. Disini mahasiswa yang menonton lebih banyak lagi. Di depan, dipasang dua layar TV besar. Sebelum acara dimulai, terlihat para mahasiswa berbaris mengantri makan malam gratis yang disediakan panitia penyelenggara. Acara ini digelar oleh organisasi mahasiswa OU, UPC, semacam senat mahasiswa. Lengkap dengan door-prize berhadiahnya segala.
Sementara suasana di depan kantor Board of Elections (BE, semacam KPU disini), antrian petugas yang membawa kertas suara kian memanjang. Jalanan State Court pun dipenuhi mobil petugas ini. Mereka datang dari tempat-tempat pemungutan suara (TPS) di seputar kota Athens.
Sebelumnya, petang itu suasana di beberapa TPS umumnya sudah sepi. Salah satunya di TPS gedung olahraga East Elementry, di kawasan Wallace Street. Para pencoblos yang datang bisa dihitung dengan jari. “Umumnya warga banyak yang sudah melakukan pencoblosan dini (early voting -red),” jelas petugas di TPS sini.
Tepat pukul 11.00 malam, stasiun televisi CNN sudah menyebutkan proyeksinya. Obama terpilih sebagai presiden. Sontak para mahasiswa yang umumnya para pendukung Obama ini berteriak histeris meluapkan kegembiraan mereka. “Obamaaa....!,” teriak mereka. Mereka sambil berpelukan. Suara mereka menggema ke seluruh Gedung Baker Center berlantai empat ini. Ya, meski baru ramalan, tapi akurasi jajak pendapat CNN ini dianggap sudah sangat akurat.
Mereka malah tak berpikir menunggu kepastian hasilnya akhirnya lagi. Mereka yakin, Obama sudah jadi presiden. Acara nonton bareng penghitungan suara ini pun bubar dengan sendirinya. Tapi mereka tidak pulang. Ada yang kembali bergabung ke bar-bar kecil di sekitar kampus, nonton bareng lagi.
Tepat jam 12.00 malam, tayangan-tayangan televisi pun sudah memastikan, Obama, presiden Amerika yang baru. Dan, Obama pun tampil. Ditayangkan langsung dari markas Obama di Grant Park, Chicago, terlihat Obama keluar untuk memberikan pidato kemenangannya. Tapi di Athens, Ohio, banyak pula yang tidak tahan berdiam di dalam dan memilih meluapkan kemenangan mereka dengan berlari-lari keluar. Inilah yang dilakukan sekitar 300-an mahasiswa OU. Mereka menerobos hawa dingin kota Athens dengan berkonvoi berkeliling di jalan-jalan kota Athens. (Bersambung)

No comments: